Gelorakan Tridharma Perguruan Tinggi, LP2M UIN Walisongo Gelar Konferensi Nasional

Semarang, 2 November 2023

LP2M UIN Walisongo Semarang selenggarakan Konferensi Pengabdian kepada Masyarakat (KONDIMAS) Tahun 2023 pada tanggal 2 November 2023, bertempat di ruang teater Gedung Sholeh Darat, Kampus 3 UIN Walisongo Semarang. Acara ini merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan setelah melaksanakan kegiatan KKN di Desa-Desa.

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Dr. M. Rikza Chamami, MSI menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari peserta KKN lintas model, mulai dari KKN MIT, KKN Reguler, KKN Nusantara, dan KKN Misi Khusus. KONDIMAS merupakan acara tahunan dan ditahun 2023 ini merupakan acara yang ketiga. LP2M berharap kegiatan pengabdian akan terus dilakukan dan hasilnya didesiminasikan berupa artikel ilmiah yang dapat dibaca serta dimodifikasi untuk diterapkan di berbagai kegiatan pengabdian lainnya.

Sekretaris LP2M, UIN Walisongo Semarang, Dr. Mokh. Sya’roni, M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan KONDIMAS merupakan kegiatan tahunan yang penting untuk dilakukan karena biasanya hasil pengabdian tidak terekam dengan baik, khususnya dalam bentuk artikel ilmiah. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya KONDIMAS ini, para peserta khususnya mahasiswa dapat menyampaikan hasil pengabdiannya dalam bentuk artikel ilmiah, sehingga hasil pengabdiannya tidak hanya disimpan dalam bentuk laporan kegiatan di rak-rak LP2M.

Acara ini mendatangkan tiga narasumber yang didatangkan langsung untuk berbagi pengetahuan untuk para peserta KONDIMAS. Narasumber pertama yaitu Ir. Trio Yonathan Teja Kusuma, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. Beliau menyampaikan materi terkait “Upaya Pengabdian kepada Masyarakat dalam Peningkatan Potensi Desa”. Narasumber kedua yaitu Fery Diantoro, M.Pd.I. Beliau menyampaikan materi terkait “Pengembangan Desa Inovatif dengan Optimalisasi Potensi Desa”. Narasumber ketiga yaitu Ali Ahmadi, S. STP., M. Si yang menyampaikan materi mengenai “Peran Pemerintah dalam Optimalisasi Potensi Kelurahan di Kota Semarang”.

Kegiatan KONDIMAS berlangsung lancar. Acara selanjutnya diskusi tanya jawab. Para mahasiswa dapat menanyakan dan berdiskusi langsung dengan para Narasumber. Acara ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah. Semoga kegiatan ini dapat terus diselenggarakan dengan berbagai inovasi dan tema-tema yang relevan lainnya. Salam pengabdian. *)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *