Jelang Dies natalis, LP2M UIN Walisongo lakukan ziarah ke Makam Joko Tingkir, Presiden Soeharto, dan Mangkunegaran I

Surakarta, 6-7 Maret 2024

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo Semarang melaksanakan ziarah ke Makam Joko Tingkir, kemudian dilanjutkan ke makam Presiden Soeharto dan terakhir menuju makam Mangkunegaran I. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, tepatnya pada tanggal 6-7 Maret 2024.

Menurut pemaparan ketua LP2M UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. H. Akhmad Arif Junaidi, M. Ag., mengatakan bahwa agenda ziarah ini rutin dilaksanakan menjelang dies natalis UIN Walisongo Semarang dan tahun ini merupakan dies natalis UIN Walisongo yang ke-54, selain sebagai Amanah dari Rektor kegiatan ini merupakan sarana melestarikan dan mengenalkan Makam Wali dan Masyayikh kepada generasi muda.

Tambahan menurut sekretaris LP2M UIN Walisongo Semarang, Dr. Mokh Sya’roni, M. Ag. menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan road show tahunan yang dilaksanakan oleh setiap unit/Lembaga/fakultas. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para leluhur sehingga dapat dijadikan contoh dalam kehidupan.

Acara ziarah berlangsung khidmad dan tertib. Rombongan keluarga besar LP2M UIN Walisongo kembali ke kampus tercinta dengan berbagai cerita dan pengalaman. Pelajaran penting yang dapat diperoleh diantaranya yaitu semboyan tri dharma yang tidak hanya diketahui oleh para dosen namun tri dharma yang dicontohkan oleh Mangkunegaran I yaitu melu handarbeni (merasa ikut memiliki), wajib melu hangrungkepi (merasa ikut bertanggung jawab), mulat sarira hangrasa wani (berani mawas diri dan memperjuangkan kebenaran). Tri Darma sejatinya mengandung nilai-nilai patriotisme (rela berkorban demi bangsa dan negara), nasionalisme (rasa cinta tanah air) dan heroisme (berani membela kebenaran).

Selamat Ulang Tahun ke-54 kampus kami tercinta, Jayalah UIN Walisongo, yang menggelora dan bermanfaat seperti nama pendahulunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *