LP2M UIN WALISONGO SEMARANG GELAR PEMBEKALAN DAN PELEPASAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) ANGKATAN 82 TAHUN 2024

Semarang Indonesia – Sebagai upaya membekali mahasiswa dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan Pembekalan dan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata Angkatan 82 Tahun 2024. Kegiatan yang diselenggarakan di ruang teater Rektorat Gedung Kyai Saleh Darat tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, jajaran pimpinan LP2M, dosen pembimbing lapangan (DPL), dan mahasiswa peserta KKN.

Sekretaris LP2M, Johan Arifin, S.Ag., M.M., dalam laporannya menyampaikan bahwa terdapat empat skema KKN di LP2M UIN Walisongo yaitu KKN reguler, KKN nusantara, KKN mandiri inisiatif terprogram (MIT), dan KKN internasional. Disampaikan pula bahwa jumlah peserta KKN angkatan 82 ada 158 mahasiswa yang akan diberangkatkan pada Selasa, 23 April 2024 ke posko masing-masing di Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal. Dari 13 desa yang ada di Kecamatan Singorojo hanya 10 desa yang menjadi lokasi KKN karena angkatan 82 hanya terdiri atas 10 kelompok. Adapun tema KKN angkatan 82 adalah Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Masjid dan Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital.

Hadir memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan pembekalan adalah Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Keuangan, Dr. Ahmad Ismail, M.Ag. Dalam arahannya disampaikan beberapa terkait KKN termasuk pesan kepada peserta KKN agar dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik untuk berlatih mengaplikasikan keilmuan dan mengabdi kepada masyarakat. Mahasiswa juga diimbau untuk dapat melakukan penguatan moderasi beragama dimulai dari masjid-masjid di lokasi KKN. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat melakukan pemberdayaan ekonomi kreatif berbasis digital melalui penggunaan sosial media khususnya untuk kepentingan bisnis. Oleh karena itu, pada minggu awal dapat melakukan scanning dan observasi hal-hal yang bisa dikerjakan.

Camat Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal, Bapak Candra Putra, S.H., M.H. menyampaikan materi seputar wilayah Kecamatan Singorojo. Rincian materi tersebut terdiri atas struktur organisasi Kecamatan Singorojo, geografi dan iklim, pemerintahan, penduduk, sosial dan kesejahteraan rakyat, pertanian, pariwisata transportasi dan komunikasi, perbankan koperasi, dan perdagangan.

Kepala Baperlitbangda Kabupaten Kendal, yang diwakili oleh Bapak Satrio Catur, pada sesi materi menyampaikan materi tentang Visi dan Misi Pengembangan Kabupaten Kendal menuju Kendal Handal. Adapun rincian materinya meliputi: visi misi, Kendal smartcity, program prioritas 2024, profil Kendal secara geografis, penduduk dan ketenagakerjaan, pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan, indeks pembangunan manusia, tingkat pengangguran terbuka, nilai investasi, pembangunan partisipatif, prinsip penyelenggaraan program pengabdian masyarakat/KKN di Kabupaten Kendal, 10 ruang lingkup program KKN, lokasi prioritas KKN, dan agen inovasi. Di akhir materinya Bapak Satrio menyampaikan harapan litbang kepada mahasiswa KKN agar dapat menjadi agen inovasi yang membantu masyarakat untuk berinovasi dan berdampak baik pada masyarakat.

Materi ketiga disampaikan oleh Bapak Ali Taufan, staf BPJS Ketenagakerjaan Jawa Tengah. Materi yang bertajuk Sosialisasi Manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan untuk Perlindungan Mahasiswa UIN Walisongo, meliputi: sejarah dan dasar hukum, segmentasi BPJS ketenagakerjaan, program jaminan sosial ketenagakerjaan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, manfaat beasiswa jaminan kematian, iuran dan syarat pendaftaran.

Setiap materi disampaikan dengan aktraktif sehingga membangun antusiasme para peserta KKN. Setelah sesi materi selesai dilanjutnya dengan kegiatan tanya jawab dengan peserta KKN. Di penghujung acara, mahasiswa diajak untuk melakukan doa bersama dan istigoshah untuk kelancaran program KKN yang akan dilaksanakan selama 45 hari. (LP2M UINWS)

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *