Rektor Prof. Imam Taufiq: Percepat Akreditasi Jurnal Secara Masif

LP2M.news – Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitbit) LP2M UIN Walisongo Semarang mengadakan Workshop Quality Assurance Penerbitan Jurnal. Kegiatan ini diadakan pada Senin (4/10/2019), di Rektorat Lantai III.

Kepala Puslitbit LP2M UIN Walisongo Dr. Hamdan Hadi Kusuma, S. Pd, M. Sc. dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan bahwa workshop ini sebagai bagian dari pelaksanaan sistem penjaminan kualitas penerbitan jurnal di UIN Walisongo Semarang.

Menurutnya, keberadaan jurnal ilmiah berkala pada pendidikan tinggi, merupakan media penyebarluasan hasil-hasil penelitian dan pemikiran civitas akademika suatu pergurun tinggi. Selain itu, keberadaan jurnal ilmiah berkala juga menjadi salah satu media untuk mengembangkan dan meningkatkan keberadaan perguruan tinggi untuk berkonstibusi pada perkembangan keilmuan dan penyelesaian masalah-masalah di tengah masyarakat.

“Salah satu tanda ilmu yang bermanfaat adalah disitasinya artikel atau tulisan yang diterbitkan dalam jurnal atau buku,” ungkapnya.

Rektor UIN Wlisongo saat membuka acara mendorong agar memperbanyak publishing hasil riset di Jurnal.

“Kriteria riset salah satunya publish di jurnal, minimal Sinta 2. Selain itu, diperlukan percepatan akreditasi jurnal secara masif,” tegasnya.

Rektor juga mengajak agar seluruh pimpinan di Rektorat, LP2M dan pengelola Jurnal menjadi team yang inhern. Oleh karenanya, ia berharap besar agak visi menjadi kampus bertaraf internasional tercapai.

“Semoga jurnal-jurnal di lingkungan UIN Walisongo yang telah mengikuti workshop ini segera memperoleh akreditasi nasional dan memperoleh indeks Scopus sehingga memiliki reputasi internasional,” harapnya.

Menghadirkan Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T. acara berjalan lancar. Ia membawakan tema bertajuk “Standar Mutu Pengeloaan Jurnal Nasional Terakreditasi”. Sementara pemateri kedua, Helmi Suyanto memaparkan materi bertema “Pengeloaan jurnal di lingkungan UIN Walisongo”. (Win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *