LP2M UIN WALISONGO SEMARANG GELAR DISKUSI DAN SOSIALISASI PETUNJUK TEKNIS BANTUAN OPERASIONAL PERGURUAN TINGGI NEGERI (BOPTN) BIDANG PENELITIAN TAHUN 2024

Semarang Indonesia – Kamis, 18 April 2024 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo menggelar diskusi dan sosialisasi petunjuk teknis bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) bidang penelitian tahun 2024. Acara yang diselenggarakan di ruang teater Gedung Kyai Saleh Darat tersebut dihadiri oleh Rektor UIN Walisongo Semarang bersama jajaran pimpinan LP2M dan peserta calon penerima BOPTN penelitian tahun 2024.

Ketua LP2M UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. Akhmad Arif Junaidi, M.Ag., dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tahun 2024 terdapat 107 proposal yang masuk untuk mengisi 61 kuota. Berdasarkan seleksi yang cukup ketat dari berbagai tahapan diperoleh 56 proposal penelitian yang layak didanai BOPTN 2024.

Hadir memberikan pengarahan sekaligus membuka acara adalah Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. Nizar, M.Ag. Dalam pengarahannya disampaikan bahwa untuk mencapai visi sebagai universitas yang terdepan dalam riset maka berbagai upaya positif harus didukung salah satunya melalui BOPTN penelitian 2024. Untuk mencapai universitas yang terdepan dalam riset maka dibutuhkan komitmen dan upaya yang kuat dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian di UIN Walisongo Semarang.

“Selamat bekerja Bapak/Ibu, semoga diberikan kemudahan dan kelancaran dalam penelitiannya. Jadikan juknis tersebut sebagai pedoman dalam mengawal kegiatan penelitian. Mudah-mudahan penelitian Bapak/Ibu sejumlah 56 ini dapat selesai tepat waktu sebagai bagian dari komitmen penting dari kesepakatan kita,” ungkap Rektor.

Sosialisasi petunjuk teknis disampaikan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan, Dr. Anthin Lathifah, M.Ag. Adapun materi yang disampaikan adalah berkaitan dengan cluster penelitian yang ada di UIN Walisongo Semarang, output dan outcomes penelitian pada setiap cluster, logbook litapdimas, progress report, seminar hasil penelitian, time line penelitian, dan hal lain yang berhubungan dengan petunjuk teknis BOPTN 2024.

Pada kesempatan tersebut, Kapus Penelitian dan Penerbitan juga menyampaikan pentingnya tertib administrasi sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas dan harapan agar setiap dosen memiliki road map penelitian masing-masing sehingga akan memudahkan dalam pembuatan riset grup. (LP2M UINWS)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *